Standar Proses UCD untuk Sistem Interaktif
UCD ( User Centered Design ) merupakan
paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. Perancangan berbasis
pengguna ( User Centered Design / UCD ) adalah istilah yang digunakan untuk
menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah User sebagai pusat
dari proses pengembangan sistem, tujuan, sifat-sifat, dan lingkungan sistem
semua didasarkan dari pengalaman pengguna.
Proses dari User Centered Design ( UCD )
terdapat lima proses yaitu seperti gambar dibawah :
1.
Plan
the human-centered design process
Pada tahap ini dilakukan
diskusi terhadap orang-orang yang akan mengerjakan proyek, untuk mendapatkan
komitmen bahwa proses pembangunan proyek adalah berpusat kepada pengguna atau
user. Proyek akan memiliki waktu dan tugas untuk melibatkan pengguna atau user
dalam awal dan akhir proses atau di mana mereka dibutuhkan. Dan juga
orang-orang yang mengerjakan proyek harus mengetahui betul tentang metode User
Centered Design (UCD) ini melalui studi literatur, pelatihan atau seminar. metode ini dilakukan dengan cara membaca dan memahami buku - buku
referensi, jurnal, dan media lain yang berkaitan dengan pengolahan data
secara umum yang mendukung dan
mempertegas teori - teori yang ada, sehingga dapat menanamkan komitmen bahwa
perancangan menggunakan User Centered
Design (UCD) dapat memenuhi keinginan pengguna.
2.
Understand
and Specifying the Context of Use
Pada tahap ini, Proses
UCD Mengidentifikasi orang yang akan menggunakan produk. Ini akan menjelaskan
untuk apa dan dalam kondisi seperti apa mereka akan menggunakan produk. Dalam
memahami dan menentukan konteks pengguna meliputi :
·
Karakteristik pengguna yang diharapkan
·
Pekerjaan yang dilakukan pengguna
·
Pemecahan secara hirarki atas pekerjaan
global
·
Tujuan global penggunaan sistem untuk
setiap kategori pengguna, termasuk karakteristik tugas yang mungkin mengganggu
penggunaan dalam scenario khusus, seperti frekuensi dan lama kinerja.
·
Deskripsi harus mencakup alokasi aktifitas
dan langkah operasional antara manusia dan sumber daya teknologi.
·
Pahami lingkungan tempat pengguna akan
menggunakan system.
·
Sangat penting awal langkah untuk
menentukan kebutuhan sistem minimal dan optimal dengan memperhatikan.
3.
Specify
the user and organizational requirements
Mengidentifikasi
kebutuhan pengguna dan kebutuhan organisasi.
pada tahap ini adalah tahap penggalian informasi atau data untuk
menggumpulkan kebutuhan dari pengguna, kemudian setelah informasi/data telah
terkumpul, dilakukanlah penataan informasi dari data kebutuhan pengguna tersebut,
lalu kebutuhan pengguna digambarkan ke dalam berbagai bentuk/teknik, seperti
narasi, gambar, atau diagram, dll. Dalam hubungannya dengan konteks pengguna
yaitu :
·
Kualitas perancangan interaksi manusia dan
komputer serta workstation.
·
Kualitas dan isi tugas pengguna ( termasuk
alokasi tugas diantara kategori pengguna yang berbeda ).
·
Kinerja tugas yang efektif khususnya dalam
hal transparansi aplikasi ke pengguna.
·
Kerjasama dan komunikasi yang efektif
diantara pengguna dan pihak ketiga yang relevan.
·
Dibutuhkan kinerja sistem baru terhadap
tujuan finansial.
4.
Produce
Design Solutions
Tahap
ini merupakan tahap perancangan solusi. Dimana peneliti akan membangun desain
sebagai solusi dari sistem yang sedang dianalisis dengan teknik prototyping
yang digunakan untuk membuat ide-ide terlihat dan memfasilitasi komunikasi yang
efisien dengan pengguna. Ini mencegah kemungkinan kebutuhan dan biaya tinggi
yang terkait untuk pengerjaan ulang produk pada langkah berikutnya dari siklus
hidup. Ketika solusi desain disajikan kepada pengguna, mereka juga harus
diperbolehkan untuk melaksanakan tugas-tugas. Umpan balik pengguna yang
dikumpulkan harus dimasukkan dalam perbaikan solusi desain. Ini harus iterasi
terus sampai tujuan desain telah dipenuhi
5.
Evaluate
design against requirements
Tahap
ini merupakan tahap evaluasi terhadap perancangan yang telah disesuaikan dengan
kebutuhan pengguna. Evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana
perancangan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan teknik
kuesioner. Tujuannya adalah untuk menghasilkan umpan balik untuk lebih
meningkatkan produk dan untuk menentukan apakah desain memenuhi kebutuhan
pengguna yang ditentukan, tujuan kegunaan dan sesuai dengan pedoman kegunaan
umum. Siklus proses UCD terus berlangsung selama tujuan kegunaan belum
dipenuhi.
REFERENSI :
Komentar
Posting Komentar